Rihlah Ilmiah Santri Ponpes Shoul Lin Angkatan I

IMG-20161023-WA0013
Salah satu tradisi ilmu dalam Islam adalah Rihlah Ilmiah. Sejarah mencatat pengembaraan para ulama dalam menuntut ilmu. Jabir ibn Abdullah, Ibn al-Mubarak, Imam Syafi’i dan masih banyak lagi nama-nama yang dikenal sebagai para pengembara ilmu sejati.

Melanjutkan tradisi ilmu yang mulia ini, Sabtu, 22 Oktober 2016, para santri Pondok Pesantren Shoul Lin al-Islami mengikuti program Rihlah Ilmiah ke Malang, Surabaya dan sekitarnya. Dengan program ini diharapkan para santri mendapat pengalaman menuntut ilmu kepada para ulama di tempat lain. Semakin cinta ilmu dan semakin beradab.

Alhamdulillah, Ahad, 23 Oktober 2016 rombongan santri Ponpes Shoul Lin al-Islami yang mengikuti program Rihlah Ilmiah tiba di Stasiun Malang dan dijemput langsung oleh Ust Kholili Hasib. Ulama muda yang aktif mengajar dan menulis asal Pandaan. Selama satu bulan ke depan para santri akan mendalami ulumuddin kepada Ust Kholili dkk dengan mengkaji karya-karya para Ulama seperti Adabul Alim wal Muta’allim, Tashil Awaamil, Matan Abi Syuja’ dan sebagainya.

Para santri juga akan mengikuti majlis ta’lim umum yang mengkaji Tafsir al-Qur’an, Hadits, dan juga Hikam dari Syekh Ibn Athaillah al-Sakandari. Santri juga akan dilatih menulis reportase kegiatan selama program ini. Beberapa pondok pesantren juga akan dikunjungi untuk studi banding. Terakhir, in syaaAllah program ini akan ditutup dengan perjalanan ke tempat-tempat bersejarah di Surabaya dan sekitarnya sekaligus kembali ke Cilodong.

Semoga perjalanan ini memberikan pengalaman berharga bagi para santri.

Pandaan, 23 Oktober 2016
MA.

Post Author: ponpes-attaqwa

Leave a Reply