Satu lagi ilmuwan internasional berkunjung ke Pondok Pesantren at-Taqwa. Dialah Dr. Ugi Suharto. Ugi adalah pakar ekonomi dan hadits. Jebolan ISTAC-IIUM ini menjabat sebagai Association Professor di University College of Bahrain.

Ugi tiba di Pondok pada Selasa malam, 27 Februari 2018. Keesekoan harinya, ba’da shalat shubuh, Dr. Muhammad Ardiansyah, pengasuh pondok, mendaulat Ugi menyampaikan kuliah singkat di hadapan para santri.

Dalam paparannya, ilmuwan kelahiran Jakarta, 1966 ini menguraikan pesan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang dua perkara yang Rasulullah tinggalkan pasca wafat, yaitu al-Qur’an dan Sunnah. Menurut Ugi, Rasulullah tidak hanya meninggalkan Al-Qur’an dan Sunnah semata. Rasulullah juga meninggalkan ‘Ulama. ‘Ulama-lah yang mampu menjelaskan al-Qur’an dan Sunnah dengan baik. ‘Ulama-lah yang mampu menjelaskan agama dengan baik. Dalam hadits lain, Rasulullah bersabda bahwa ‘ulama adalah pewaris Nabi. Oleh karena itu, memahami al-Qur’an dan hadits harus melalui para ‘ulama, tidak boleh dengan pemahaman sendiri. Ugi menjelaskan menyandarkan pemahaman agama kepada para ulama dengan cukup panjang.

Menutup ceramahnya Ugi berpesan kepada para santri agar senantiasa bersemangat ibadah dan tetap istiqamah menghadapi segala cobaan.

Categories: News

Leave a Reply