IMG-20171117-WA0004

40 TAHUN LALU, PROF. AL-ATTAS SUDAH INGATKAN DUNIA ISLAM TTG PENTINGNYA ADAB. DISERTASI DOKTOR MUH ARDIANSYAH INGATKAN LAGI URGENSI ADAB!

Tahun 1977, di dalam Konferensi Pendidikan Islam Internasional di Kota Mekkah, Prof Syed Muhammad Naquib AlAttas mengingatkan dunia Islam tentang pentingnya adab dalam kehidupan umat Islam. Al Attas dengan tegas menyatakan: The central crisis of muslim today is loss of adab. Tak hanya itu, al Attas pun merumuskan konsep adab yang unik, yang mirip tapi beda dengan para ulama terdahulu. Ternyata, para ulama terdahulu pun sudah sangat menekankan masalah adab. Bahkan, ulama besar Ibnu Mubarak (lahir 118 H) menyatakan bahwa adab itu adalah dua pertiganya agama Islam. Keunikan lain, Prof al Attas juga telah menerapkan konsep adab itu dalam sebuah institusi Pendidikan Tinggi yang bertaraf internasional, yaitu ISTAC. Institusi ini telah melahirkan puluhan pemikir dan pejuang Pemikiran Islam di berbagai pelosok dunia Islam.

Kini, konsep dan aplikasi adab Prof Al Attas itu ditulis dalam sebuah Disertasi Doktor Pendidikan Islam oleh Dr Muhammad Ardiansyah (mudir Pesantren Shoul Lin al Islami). Bagaimana keunikan dan keunggulan konsep adab dan aplikasinya di Perguruan Tinggi, dan pendidikan lainnya, InsyaAllah akan dibedah langsung oleh Dr Muh Ardiansyah di INSISTS, Sabtu 18 November 2017. Kami tunggu kehadiran antum semua di INSISTS. Siapkan hati dan pikiran yg jernih! Terimakasih. (Humas INSISTS).

Categories: Uncategorized

Leave a Reply