Dr. Mat Rofa Ismail: Kuasai Sains, Luruskan Sejarah

IMG-20171122-WA0021Pondok Pesantren At-Taqwa kembali kedatangan tamu istimewa. Rabu, 22 November 2017, Dr. Mat Rofa Ismail,  seorang pakar matematika asal negeri jiran Malaysia berkunjung ke Ponpes At-Taqwa. Sebelumnya, pakar pemikiran dan pendidikan Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud berkunjung ke Ponpes. Kedatangan Dr. Mat Rofa dimanfaatkan oleh para guru dan santri untuk menimba ilmu. Selain pakar matematika, Dr. Mat Rofa juga mumpuni dalam sains. Beberapa karya Dr. Mat Rofa dalam bidang sains antara lain Bicarawara Sains Islam, Ulul Albab, dan Falsafah Sains. Di samping itu ia juga ahli dalam bidang sejarah, khususnya sejarah sains Islam. Kerdipan Bintang Melayu di Langit Turki dan Malayonesia merupakan dua buku sejarah Mat Rofa yang sangat laris di pasaran.

Dalam paparannya di depan para guru dan santri, Dr. Mat Rofa menyatakan sains Islam telah mencapai kemajuan mencengangkan tatkala dunia Barat masih bergelimang kebodohan. Mat Rofa mencontohkan, ketika berhasil menaklukkan Malaka, Portugis merampas ratusan pucuk senjata. Persenjataan Malaka lebih hebat daripada persenjataan Portugis, kapal Malaka lebih hebat dari pada kapal Portugis. Sayangnya kemajuan sains Islam ditutup-tutupi dan sejarah yang sebenarnya tidak disampaikan. Bangsa Barat selalu dicitrakan hebat sejak dahulu sementara bangsa pribumi jajahan selalu dicitrakan bodoh. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya.

Di akhir kuliahnya, Dr. Mat Rofa menekankan pentingnya mempelajari bahasa-bahasa yang diperlukan untuk menguasai sains seperti bahasa Arab, Inggris, Perancis, dan lain-lain. Mat Rofa juga menekankan pentingnya mengajarkan sejarah yang benar. “Umat Islam jangan hanya mau jadi pengikut dari kurikulum sejarah yang ada”, pungkasnya.

Leave a Comment